RSS

Welcome to my Blog. Enjoy reading :)

Selasa, 12 Januari 2010

langkah install winzip

langkah install winzip:

langkah-langkah di bawah ini.Pada contoh instalasi di bawah ini digunakan versi 4.0.13. B agi Anda yang ingin menginstal versi 4.0.14b, proses instalasinya sama. Versi 4.0.14b terdiri dari 2 jenis, yaitu jenis yang dilengkapi dengan installer dan jenis yang harus diinstall secara manual (mysql-4.0.14b win-noinstall.zip).

Mari kita mulai:

1. Anda harus login sebagai administrator pada server Microsoft Windows NT/2000/XP. Bila Anda telah memiliki MySQL versi terdahulu dan berminat untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih baru, maka matikan dahulu service MySQLnya. Jangan lupa melakukan backup data sebelum melakukan proses upgrade! C:\> NET STOP MySQL atau dengan cara lain: C:\MYSQL\BIN> mysqladmin -u root shutdown.

2. Pada server Microsoft Windows NT/2000/XP , bila Anda bermaksud mengganti file executable-nya ( -max atau -nt), maka hapuslah file tersebut dari daftar service Windows NT dengan cara: C:\MYSQL\BIN> mysqld-max-nt --remove atau C:\MYSQL\BIN> mysqld-nt --remove 90 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL.

3. Extract -lah dahulu file mysql-4.0.13-win.zip dari folder Software/MySQL/Windows pada CD pelengkap buku ini dengan menggunakan program Winzip (atau program extraktor lainnya, seperti WinRAR, dan sebagainya). Gambar C.1 unzipmysql.jpg.

4. Klik pada icon Extract, maka akan muncul tampilan berikutnya. Isilah baris isian dengan nama folder untuk menampung file-file hasil ekstrasi. Pada contoh ini saya menggunakan folder tempmysql. Gambar C.2 extractmysql.jpg.

5. Klik pada tombol Extract untuk memulai proses ekstrasi. Tunggu hingga proses selesai. 91 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL Gambar C.3 extractmysql.jpg.

6. Setelah proses ekstrasi selesai, maka Anda akan memiliki sebuah folder baru dengan nama tempmysql yang berisi file-file hasil ekstrasi. Masuklah ke dalam folder tempmysql tersebut dan carilah file dengan nama SETUP.EXE. File ini akan menjalankan sebuah proses instalasi MySQL ke dalam sistem komputer Anda. Gambar C.4 setupmysql.jpg

7. Aktifkan file SETUP.EXE ini dengan menekan tombol Enter atau klik dua kali, maka akan muncul tampilan selamat datang dari program instalasi ini. 92 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL Gambar C.5 instalmysql1.jpg.

8. Klik tombol Next, maka akan muncul tampilan yang menjelaskan versi dari program MySQL yang akan kita instal. Gambar C.6 instalmysql2.jpg.

9. Klik tombol Next, maka akan muncul tampilan yang menjelaskan nama folder tujuan instalasi, yaitu folder mysql. Bila diperlukan Anda bisa mengganti nama folder tersebut. 93 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL Gambar C.7 instalmysql3.jpg.

10. Bila tidak ada perubahan nama folder tujuan, silakan Anda klik kembali tombol Next. Tampilan berikutnya memberikan pilihan jenis instalasi apa yang akan dilaksanakan. Ada 3 pilihan yaitu Typical, Compact dan Cu stom. Gambar C.8 instalmysql4.jpg 94 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL.

11. Pada contoh ini kita gunakan saja pilihan Typical. Klik tombol Next, maka proses instalasi segera dimulai. Tunggu hingga proses ini selesai. Gambar C.9 instalmysql7a.jpg.

12. Setelah selesai klik tombol Finish. Gambar C.10 instalmysql8.jpg.

13. Tahap berikutnya adalah mengaktifkan secara otomatis program MySQL basis Windows setiap kali Anda menghidupkan komputer. Masuklah ke dalam folder C:/mysql/bin dan carilah file WINMYSQLADMIN.EXE. 95 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL Gambar C.11 winmysqlstart1.jpg.

14. Jalankan file WINMYSQLADMIN.EXE ini dengan menekan tombol Enter atau mengklik dua kali. Gambar C.12 winmysqlstar3.jpg 96 Lampiran C. Instalasi MySQL Manajemen Database dengan MySQL.

15. Pada baris isian masukkanlah nama user (user name) dan kata sandi (password ) yang akan Anda gunakan untuk mengaktifkan program MySQL ini nantinya. Jangan sampai Anda lupa nama user dan kata sandi tersebut. Sebaiknya catat dan simpanlah di tempat yang aman untuk kepentingan Anda suatu saat nanti.

16. Sebagai tanda bahwa program MySQL telah aktif, pada bagian bawah layar Window akan muncul ikon lampu lalu lintas sepe rti di bawah ini. Bila yang menyala lampu merah, maka program mysql server (mysqld) belum diaktifkan. Bila lampu hijau yang menyala, maka program mysql server (mysqld) telah aktif. Gambar C.13 winmysqlstart2.jpg.

17. Cobalah menjalankan program MySQL dengan mengetik mysql dan menekan tombol Enter pada Command Prompt: C:\>mysql Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or \g. Your MySQL connection id is 7 to server version: 4.0.13 Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the buffer. mysql>.

18. Bila muncul pesan selamat datang seperti di atas, berarti Anda telah berhasil menginstal dan mengakses MySQL untuk pertama kalinya. Selamat!! 97aster_cloud_id = '2422251';aster_cloud_format = '728x90';document.write(unescape("%3Cscript src='http://web.asterpix.com/media/js/searchlight.js' type='text/javascript'%3E%3C/script%3E"));

0 komentar:

Posting Komentar